Saturday, September 6, 2014

Teks Prosedur Kompleks

 Apa Itu Teks Prosedur Kompleks?

  Teks prosedur adalah teks yang menunjukkan dan menjelaskan proses dalam membuat dan melakukan atau mengoprasikan sesuatu. Teks prosedur juga berisi penjelasan tentang cara melakukan aktifitas tertentu dengan tujuan memberikan petunjuk dalam melakukan sesuatu dengan urutan langkah-langkah yang berurutan



Contoh prosedur yang baru-baru ini kita tempuh adalah proses pada saat kalian mendaftar SMA tempat kalian belajar ini. Apakah kalian ingat apa yang harus kalian lakukan saat itu? Persyaratan tertentu apa yang harus kalian  penuhi dan langkah-langkah apa yang harus kalian tempuh? Apabila pada saat itu syarat-syarat tidak kalian penuhi dan langkah-langkah yang diminta tidak kalian tempuh,tujuan kalian untuk masuk sekolah ini tidak akan tercapai. Hal yang kalian lakukan pada saat mendaftar itu tidak lain adalah prosedur.Apabila semuanya kalian tulis atau ceritakan secara lisan, teks yang tercipta tergolong ke dalam teks prosedur kompleks.Sebelum kalian membuat secara mandiri Teks Prosedur Kompleks kalian harus dapat memahami Struktur yang terdapat dalam Teks Prosedur Kompleks.Teks tersebut ditata  dengan struktur  Tujuan dan Langkah-Langkah. Yang dimaksud tujuan di sini adalah hasil akhir yang akan dicapai.Adapun langkah-langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan itu tercapai. Pada Teks prosedur,langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah-langkah berikutnya.

 Struktur

  Struktur teks prosedur terdiri atas:

1.Tujuan/maksud  : Hal yang hendak dicapai
2.Bahan-bahan     : Bahan & alat yang diperlukan untuk membuat sesuatu 
3.Langkah-langkah  : Tahapan untuk melaksanakan sesuatu; memanfaatkan konjungsi temporal, seperti pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya atau kemudian, selanjutnya, berikutnya.

Kaidah


Kaidah menulis teks prosedur kompleks, antara lain adalah:

1.Ada penomoran yang menunjukkan urutan atau tahapan

2.Ada kata kerja yang menunjukkan perintah (imperatif)

3.Kata yang menunjukkan kondisi

4.Partisipan secara umum

5.Verba material/tingkah laku

6.Konjungsi temporal (waktu)
 

 Contoh Teks Prosedur Kompleks


Cara mudah Instal Aplikasi Line Chat di Komputer PC atau Laptop 

LINE for PC saat ini jadi aplikasi populer di kalangan pengguna komputer. Sebab, dengan aplikasi tersebut pengguna bisa akses LINE di komputer atau laptop. Dan berikut sekelumit informasinya.

LINE adalah satu dari sekian aplikasi pesan instan populer di smartphone. Aplikasi ini hadir di iPhone, Android, Windows Phone, Blackberry, dan Nokia Asha. Untuk komputer pun tersedia bagi Windows, Windows 8 (Metro), dan Mac OS X.

 






1.Download terlebih dahulu aplikasi LINE di link ini
2.Kemudian Install seperti biasa aplikasi LINE tersebut
3.Setelah selesai kamu login ya..
4."Namun harus login dengan yang sudah terdaftar pada smartphone kamu" karena tidak bisa mendaftar melalui ini, ok...
5.Kalau lupa login-nya bisa dilihat pada pengaturan akun di smartphone kamu.
Berikut caranya :


Dan sekarang bisa digunakan LINE kamu.


0 comments:

Post a Comment