Friday, December 30, 2016

Review Samsung Galaxy J5 Indonesia


Siapa yang tak mengenal Samsung? Di Indonesia, perusahaan asal Korea Selatan tersebut sangat dikenal dengan berbagai smartphone dan tablet yang mereka keluarkan. Dengan Galaxy S6 dan S6 Edge, Samsung akhirnya mulai menggunakan bahan premium untuk smartphone buatan mereka. Meskipun begitu, tampaknya, smartphone kelas menengah buatan Samsung tetap terbuat dari plastik, tak terkecuali dengan Galaxy J5.
Samsung Galaxy J5 merupakan salah satu smartphone besutan vendor Samsung yang resmi dirilis bulan Juni 2015. Samsung Galaxy J5 merupakan generus dari Samsung J1 yang cukup banyak diminati oleh para pecinta gadget di Indonesia.
Samsung Galaxy J5 dibuat untuk bagi yang menginginkan Smartphone murah yang sudah mendukung jaringan 4G dan layar Super Amoled beresolusi HD 720p. Oke daripada berlama-lama lagi mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini
Desain
Dilihat dari desain, Galaxy J5 memiliki desain khas Samsung dengan bagian sudut yang melengkung, tombol home fisik di tengah bawah, tombol volume di bagian kiri atas dan tombol power di sebelah kanan. Terlihat jelas bahwa J5 bukanlah produk andalan Samsung, bodinya terbuat dari plastik polycarbonate dan bagian sisinya membuatnya terlihat seperti smartphone murah. Karena bodinya terbuat dari plastik, Anda dapat membuka dan menutup bagian belakangnya dengan mudah. Sayangnya, bodi dari J5 mudah kotor, terutama jika Anda memilih warna putih.

Samsung Galaxy J5 hadir dengan paduan dimensi 142 x 73 x 8.5 mm serta berat body 149 gram. Ponsel pintar Samsung Galaxy J5 tersedia dalam varian warna White, Black dan Gold sebagai pilihan.
Layar
Layar
Samsung Galaxy J5 memiliki bentang layar seluas 5.0 inches dengan rasio perbandingan antara layar dan body ~66.5%. Phablet Samsung Galaxy J5 sudah dibekali layar bersifat multitouch dengan resolusi layar 720 x 1280 pixels serta mampu menciptakan kerapatan layar cukup padat yakni ~294 ppi pixel density. Kelebihan Samsung Galaxy J5 sudah dibekali dengan layar berteknologi SuperAMOLED capacitive touchscreen serta mampu mencitakan hingga 16 juta warna.

Software dan User Interface


Meski termasuk kelas menengah, tetapi J5 sudah menggunakan OS Android 5.1.1 Lollipop. Selain itu, sama seperti smartphone buatan Samsung lainnya, J5 menggunakan antarmuka TouchWiz. Menurut saya UI andalan Samsung yaitu Touchwiz UI memiliki tampilan yang mudah dan elegan untuk digunakan dan belum ada UI dari vendor lain mampu menandingi TouchWiz milik Samsung.

Hardware
Sementara untuk melihat jeroan dari Samsung Galaxy J5, kami tidak hanya terpaku dengan spesifikasi yang ada pada bagian dusbook, tetapi juga kami menggunakan aplikasi CPU-Z untuk memastikan apa saja yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J5. Seperti yang sobat lihat di atas, di aplikasi tersebut tertera kalau smartphone ini menggunakan Chipset dari Qualcomm Snapdragon 410 dengan empat inti processor, yang memiliki kemampuan clock speed mencapai 1,19 GHz dan Adreno 306 dibagian olah grafis. Kemudian di bagian storage, samsung membekalinya dengan ukuran 1,5 GB di sisi RAM, dan internal sebesar 8 GB yang saya rasa penyimpanan tersebut tidak cukup untuk menampung berbagai macam aplikasi-aplikasi seperti game tetapi untungnya J5 dapat di ekspansi menggunakan micro sd hingga 128 GB tetapi tidak semua aplikasi dapat dipindah ke micro sd. Dan untuk mengetahui seberapa tangguhkan performa yang dimilikinya, kami mengujinya pada aplikasi Benchmark yang mendapat skor sebesar 21.000



Jaringan
Samsung Galaxy J5 Kelebihan Samsung Galaxy J5 selanjutnya yakni sudah dibekali dengan jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dan jaringan 4G LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) SM-J5008 untuk mengakses internet. Dukungan jaringan 4G LTE tersebut akan membuat para pengguna Samsung Galaxy J5 dapat menikmati kegiatan berselancar di dunia maya dengan kecepatan maksimal.
Smartphone Samsung Galaxy J5 juga sudah dibekali dengan koneksi data GPRS serta EDGE berkecepatan HSPA 21.1/5.76 Mbps. Koneksi data tersebut akan membantu para pengguna Samsung Galaxy J5 agar tetap dapat mengakses internet saat sedang berada ditempat atau wilayah yang belum tersentuh oleh jaringan 3G maupun jaringan 4G.
Kamera
Samsung Galaxy J5 sudah dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP setara 4128 x 3096 pixels serta sudah didukung oleh beberapa fitur menarik diantaranya adalah fitur autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus & face detection. Kelebihan lain dari kamera utama Samsung Galaxy J5 selain sudah dapat digunakan untuk mengambil foto juga sudah dapat difungsikan untuk merekam video.
Kelebihan Samsung Galaxy J5 juga sudah dibekali dengan kamera depan beresolusi cukup tinggi yakni 5 MP dilengkapi dengan fitur LED Flash. Kamera depan Samsung Galaxy J5 tersebut cocok untuk Anda para pecinta selfie dan akan memanjakan para pengguna saat sedang berfoto selfie kapanpun dan dimanapun.
Menariknya lagi, layaknya kamera DSLR, sobat deteknokers dapat memanfaatkan fitur pendukung yang di antaranya Continious shooting, Digital Zoom, Digital Image Stabilization, Geotagging, Panorama, HDR, Touch Focus, Face Detection, White Balance setting, ISO Setting, Exposure Compensation, Self timer dan scane mode. Dimana dengan semua itu, sobat deteknokers bisa memadukannya sesuai dengan selera dan kebutuhan untuk dapat menghasilkan kualitas foto secara maksimal, serta seperti yang sobat inginkan.
Kelebihan Samsung Galaxy J5
·         Dual SIM
·         Jaringan 2G, jaringan 3G dan jaringan 4G
·         Koneksi data GPRS serta EDGE
·         Luas layar 5.0 inches, Multitouch
·         Teknologi layar SuperAMOLED capacitive touchscreen
·         Dual kamera
·         Kamera utama 13 MP setara 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection
·         Video
·         Kamera depan 5 MP, LED flash
·         Sistem operasi Android OS, v5.1 (Lollipop)
·         Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
·         Prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
·         Pengolah grafis Adreno 306
·         Memori eksternal microSD, up to 128 GB
·         Li-Ion 2600 mAh battery
Kelemahan Samsung Galxy J5
  • Harga terbilang mahal, karena sobat bisa mendapatkan spek diatasnya dengan harga lebih murah dibanding Galaxy J5
  • Internal hanya 8 GB
  • LED Flash bagian depan berfungsi layaknya senter, yang tak bisa berkedip secara otomatis
  • Belum dilapisi pelindung layar

Itulah review mengenai Samsung Galaxy J5 semoga bermanfaat



0 comments:

Post a Comment